3 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Tidak setiap orang mengenal jenis kulit wajahnya. Yang terjadi adalah mereka melakukan perawatan dengan menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajahnya. Alhasil, bukan kulit yang mulus dan bersih melainkan kulit yang bermasalah. Jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak, tidak ada salahnya untuk lanjut membaca artikel dibawah ini.

cara memutihkan wajah

Kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah berminyak biasanya dipengaruhi oleh produksi sebum dari kelenjar minyak secara berlebih. Sebum adalah zat minyak yang berasal dari lemak kulit. Sedangkan kelenjar minyak ialah kelenjar yang ada di bawah permukaan kulit. Walaupun sebum berfungsi dalam membantu melindungi serta melembapkan kulit, tetapi kelebihan sebum atau minyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit wajah jadi berminyak, serta menimbulkan banyak jerawat.

Adapun faktor yang bisa mempengaruhi produksi sebum pada kulit seseorang ialah perubahan hormon, faktor genetik, maupun pun stres. Jenis kulit wajah berminyak akan cenderung mempunyai pori-pori yang besar, nampak berkilau tetapi kusam, serta biasanya dibarengi dengan kehadiran komedo, jerawat, dan juga noda hitam.

Baca : cara menghilangkan bekas jerawat

Untuk melakukan perawatan jenis kulit wajah yang berminyak dapat anda lakukan dengan cara:

  1. Rajin mencuci wajah setiap hari, minimal dua kali dalam sehari. Jauhi produk pembersih wajah yang memiliki kandungan deterjen, serta pergunakan sabun pencuci wajah dengan tekstur yang lembut yang memiliki kandungan gliserin.
  2. Kertas minyak. Walaupun tidak bisa mencegah produksi sebum secara berlebih, keberadaan kertas minyak ini bisa membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah.
  3. Kosmetik clay. Kosmetik clay ini dapat membantu menyerap minyak pada kulit wajah serta mengobati banyak keadaan kulit lainnya. Anda juga bisa menggunakan masker clay maupun tanah liat sebagai bagian dari perawatan kulit wajah anda.
  4. Masker telur-lemon, masker madu, masker lidah buaya, masker almond, masker tomat, dan juga minyak jojoba juga dapat menjadi alternative perawatan bagi jenis kulit wajah berminyak anda.
  5. Jauhi makanan yang kurang sehat seperti makanan tinggi gula, makanan yang digoreng, serta makanan olahan.
  6. Ketika kulit terlalu berminyak, maka kurangi penggunaan make up, seperti foundation. Anda bisa memilih produk dengan bahan dasar air bukan yang berbahan dasar minyak. Cari produk dengan label noncomedogenic yang akan membuat pori pori tidak mudah tersumbat.
  7. Apabila pembersih wajah umum saja masih kurang cukup untuk mengurangi kulit wajah yang berminyak, maka anda bisa mencoba produk yang memiliki kandungan asam, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, asam beta-hidroksi atau asam glikolat.
  8. Pergunakan produk tabir surya dan juga pelembap yang bebas dari minyak.
  9. Apabila produk yang dijual bebas di market saja tidak cukup untuk membantu merawat kulit berminyak, maka Anda dianjurkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kulit. Perlakukan dengan chemical peel, laser, serta krim yang dicampur menggunakan adapalene, tretinoin, maupun tazarotene bisa membantu mengatasi kulit berminyak wajah anda.

Baca : cara menghilangkan jerawat

Apa pun jenis kulit wajah Anda, tetap pakai tabir surya sebagai usaha perlindungan kulit dari radiasi ultraviolet, serta jauhkan kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan cara mengenakan kacamata maupun topi bertepi lebar. Jauhi mer*kok. Rajin mencuci wajah Anda minimal setiap hari serta gunakan pelembap setelahnya, apalagi saat anda akan tidur. Jauhi saat tidur dengan wajah masih menggunakan make-up. Apabila Anda menggunakan make-up, maka sesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki. Semoga artikel yang bersumber dari www.lorenzos-bk.com ini bermanfaat untuk anda.

Author - December 18, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *